Barcelona Dilema Ditinggal Sang Mega Bintang

Lionel Messi dan Antonella Roccuzzo

Berita bola La Liga mengabarkan jika Barcelona tengah kesulitan karena sang pemain andalan mereka yakni Lionel Messi, yang dapat saja meninggalkan Camp Nou setelah kontraknya usai pada Juni 2021 nanti.

Hingga saat ini, klub Catalan tersebut masih berusaha untuk mendapatkan kepercayaan pemain timnas Argentina tersebut untuk kembali meraih kontrak barunya. Apalagi dalam kontrak sebelumnya akan usai pada tahun 2021 mendatang, namun Messi memiliki pilihan untuk hengkang kapan dia mau.

Pemain dunia dengan lima piala Ballon d’Or tersebut menandatangani kontraknya pada November 2017 yang lalu, dengan petinggi Josep Maria Bartomeu yang sebelumnya sudah melakukan pendekatan pada pemain ini untuk memperbarui kontraknya selama berbulan-bulan sebelumnya.

Tapi, Messi belum mau untuk melakukan tahap pembicaraan untuk kontrak baru sampai saat ini. Hal tersebut cukup menjadikan Bartomeu cemas dan merasa khawatir jika klubnya akan ditinggalkan pemain dunia ini. Apalagi dia mempunya hak untuk pindah ke klub lain dalam dua tahun lagi.

Dari klausul kontra mereka tersebut, Messi memiliki hak unilateral untuk tetap di Camp Nou atau pindah setelah berumur 32 tahun. Sementara itu, Messi sudah resmi berumur 32 tahun pada 24 Juni lalu, dan ini membuatnya dapat pindah dari Blaugrana setelah hampir 20 tahun memperkuat klub ini.

Selain itu, klausul itu menjadikan Messi memutuskan akan memutus kontraknya di Barcelona pada 30 Juni mendatang, meskipun ia bukan satu-satunya pemain yang mendapat klausul itu. Sebelumnya, sudah ada tiga pemain lainnya yakni Carles Puyol, Andres Iniesta dan Xavi.

Messi pernah mengaku tidak ingin membuat klub terbeban dengan masalah ekonomi, selain itu dia tak ingin terikat dalam kontrak apapun. Di sisi lain, tim Ernesto Valverde tersebut berharap Messi tetap memiliki niat untuk bertahan selama musim ini.

Sampai saat ini, kapten Barca ini masih menjalani perawatan karena cedera betis yang dia alami. Namun, dia masih memiliki 51 gol yang baik dalam 50 laga untuk semua kompetisi klub selama musim yang lalu.

Bartomeu juga mengaku di bulan Februari yang lalu, Barcelona masih berupaya untuk terus berkomitmen dan bertahan dengan lama menuju Camp Nou. Di satu sisi, Lionel Messi tetap disebut-sebut akan kembali ke negaranya, dan tampil untuk klub masa kecilnya, yakni Newell’s Old Boys, sebelum nantinya memutuskan pensiun dari karir gemilangnya di Eropa.