Terkena Kasus Pajak, Jose Mourinho Terancam 12 Bulan Penjara

Jose Mourinho terkena skandal pajak

Berita La Liga kali ini datang dari Jose Mourinho yang disebutkan terlibat kasus penggelapan pajak dan terancam di penjara selama 12 bulan penjara serta denda senilai 2,2 juta euro. Walau begitu, pelatih yang pernah mengasuh tim Manchester United dan Real Madrid tersebut berpeluang lepas dari balik jeruji besi.

Skandal terkait kasus penggelapan pajak yang dialami Jose Mourinho terjadi saat dirinya masih menjadi pelatih Real Madrid, pada tahun 2010 hingga 2013 silam. Kasus ini kali pertama diberitakan melalui media lokal dengan berita pelatih dari Portugal tersebut disebutkan sudah melakukan kecurangan soal pajak atas hak citra diri senilai 3,3 juta euro.

Dua tahun yang lalu, pihak Mourinho yakni Gestifute sudah melakukan klarifikasi soal kasus ini. Mereka berpendapat jika Mourinho sudah melunasi semua kewajibannya. Akan tetapi, pada tahun yang lalu, dia kemudian disebutkan sudah melakukan kesepakatan baru bersama jaksa penuntut yang baru dipekerjakan di pengadilan tersebut.

Mourinho disebutkan terjerat sanksi 12 bulan penjara serta membayar denda dalam jumlah besar karena kasus ini. “Saya tidak dapat memberikan jawaban, tidak akan melakukan debat. Saya sudah melakukan tanda tangan terkait pernyataan dan sudah memberikan klarifikasi. Kasus ini seharusnya sudah ditutup,” ucap Mourinho di pengadilan Pozuelo de Alarcon, pada November 2017.

Jose Mourinho terancam di penjara

Walau begitu, Mourinho dapat lepas dari jeratan penjara karena hanya mendapat sanksi di bawah 2 tahun. Sampai saat ini, Mou belum memberikan keterangan lengkap terkait kasus yang kembali menjeratnya. Dirinya saat ini disebut-sebut tengah berada di Portugal setelah dipecat dari Manchester United. Hingga kini, Mou belum mendapat pekerjaan sebagai pelatih di klub lainnya. Dirinya memang masih ingin beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarganya.

Sementara itu, kasus sejenis ini tidak hanya dialami oleh Mourinho. Sebelumnya, beberapa pemain dunia juga mendapat masalah terkait kasus penggelapan pajak saat pernah memperkuat klub La Liga. Mereka mendapat sanksi yang hampir sama dengan yang diberikan pada Mou saat ini.

Selain Lionel Messi, kasus yang tak kalah hebohnya juga menimpa Cristiano Ronaldo yang kini sudah menjadi pemain Juventus. Selain Ronaldo, pemain Real Madrid, yakni Marcello juga harus berurusan dengan pengadilan karena kasus yang sama. Messi sendiri juga pernah terancam pidana dan denda, namun dia lebih memilih membayar semuanya dan tidak ingin berlama-lama dengan pihak hukum.