Impian Koeman Sebelum Pensiun, Jadi Pelatih Timnas Belanda

Ada satu impian dari seorang Ronald Koeman sebelum dia pensiun sebagai seorang pelatih suatu saat nanti, yakni menjadi pelatih tim nasional Belanda.

Koeman merupakan salah satu manajer top berkebangsaan Belanda dengan hampir dua dekade kariernya dihabiskan melatih beberapa klub dari liga-liga top dunia seperti Vitesse Arnhem, Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton, dan saat ini menangani Everton.

Karier terbaik Koeman tentu saat dia menjadi manajer di Liga Belanda saat membawa Ajax Amsterdalm dua kali juara liga lalu PSV Eindhoven sekali juara liga. Gelar-gelar sebagai manajer tentu melengkapi pencapaian apiknya selama masih menjadi seorang pemain.

Tapi, untuk saat ini Koeman masih merasa karier kepelatihannya belum sempurna karena dia belum merasakan menjadi manajer De Oranje.

“Jadi pelatih tim nasional Belanda masih jadi salah satu ambisi saya sebelum saya pensiun. Saya rasa semua pelatih mengiginkan posisi itu. Jika saya memperoleh kesempatan melatih Belanda, saya tidak akan melewatkannya,” ungkap Koeman pada Fox Sports.

“Saya sebenarnya hampir mendapatkan posisi itu pada musim oanas 2014 setelah melatih Feyenoord dan merasa waktunya sudah tepat. Tapi mereka memilih Guus Hiddink dan itu sudah jadi keputusan mereka. Waktu membuktikan bahwa itu bukanlah pilihan terbaik.”

“Tapi saya sama sekali tidak marah dengan siapapun. Saya tidak akan menolak pekerjaan itu hanya karena yang saya alami pada 2014. Itu adalah masa lalu. Jadi manajer tim nasional akan menjadi akhir yang manis dari karier saya sebagai pelatih,” tutup Koeman.