Menghitung Peluang Juara Leicester

Untuk bisa membawa pulang gelar juara Premier League, Leicester City hanya butuh mengamankan posisi mereka dalam sembilan laga tersisa. Jika diamati, saat ini hanya tinggal Tottenham Hotspur yang bisa menjadi ganjalan bagi mereka.

Gol semata wayang dari Riyad Mahrez membuat Leicester membawa pulang poin penuh dari markas Watford dini hari tadi (6 Maret 2016). The Foxes kini sudah membawa pulang 31 poin dalam laga tandang di ajang Premier League, sebuah hasil tandang paling oke dibandingkan tim-tim lain.

Tambahan 3 poin dalam pertandingan ini membuat The Foxes masih nyaman berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 60 poin. Mereka unggul lima poin di atas pesaing terdekatnya.

The Lilywhites yang sejauh ini menjadi pesaing terdekat The Foxes hanya bisa menambah satu poin di pekan 29 ini setelah hanya meraih hasil imbang 2 – 2 saat menjamu Arsenal dalam laga derby London Utara.

Sedangkan bagi Arsenal, tambahan satu poin tidak membuat mereka beranjak dari posisi tiga dengan perolehan 52 poin. Manchester City di peringkat empat mengancam dengan 50 poin dan masih memiliki satu laga tunda yang belum dimainkan.

Opta mencatat jika selama ini tidak ada satu tim pun yang bisa juara di kasta tertinggi sepakbola Inggris setelah mengoleksi angka di bawah 54 poin setelah musim sudah berjalan selama 29 pekan. Itu artinya persaingan memperebutkan titel Premier League 2015/2016 hanya tinggal jadi milik Leicester dan Tottenham karena cuma mereka berdua yang mengumpulkan lebih dari 54 poin.

Namun kenyataannya, kompetisi Premier League musim ini sudah menghadirkan begitu banyak kejutan sehingga semuanya bisa saja terjadi.