Belgia Jadi Penantang Jerman Di Piala Dunia 2018

Mantan gelandang tim nasional Jerman, Lars Ricken, mengatakan ada dua tim yang bakal menjadi pesaing kuat negaranya dalam menjaga titel juara Piala Dunia 2018. Tim mana sajakah itu?

Dari tren selama ini cuma ada dua negara yang bisa memenangi Piala Dunia secara berturut-turut. Dua tim itu ialah Brasil dan Italia.

Brasil melakukan hal tersebut ketika memenangi Piala Dunia 1958 dan 1962, sedangkan Gli Azzurri menjadi kampiun Dunia secara berturut-turut pada edisi 1934 dan 1938.

“Tak banyak satu tim mampu mengulang kesuksesan juara Piala Dunia. Hal tersebut bakal menjadi tambahan motivasi bagi Timnas Jerman bisa mengulangi keberhasilan pada 2014,” kata Ricken.

Pria yang turut membawa Jerman menjadi runner-up Piala Dunia 2002 tersebut menambahkan kans menjadi juara tetap terbuka bagi tim besutan Joachim Low.

“Kami memiliki sederet pemain berpengalaman dan juga pemain muda bertalenta. Kami sekarang ini bukan hanya juara bertahan melainkan namun juga peraih Piala Konfederasi 2017 dengan tim yang pada dasarnya adalah tim ‘B’,” lanjut mantan pemain Borussia Dortmund itu.

“Kesempatan kami untuk menjadi juara tahun ini sangat terbuka,” lanjutnya.

Cuma disamping faktor sejarah yang mampu menjegal Die Mannschaft, Ricken menunjuk Inggris dan Belgia sebagai rival terberat Jerman dalam memburu trofi gelar juara Piala Dunia 2018.

“Inggris bisa menebar ancaman, apalagi bila berjumpa Jerman di perempat final. Akan tetapi mereka tidak memiliki rekor bagus saat menghadapi Jerman dalam adu penalti,” kata Ricken.

“Belgia pun memiliki skuat yang berbahaya. Mereka menjadi satu dari sederet unggulan di Piala Dunia 2018 lantaran memiliki kombinasi pemain bertalenta dengan pemain berpengalaman,” tuturnya.

“Belgia diisi pemain yang bertarung di kompetisi-kompetisi terbaik dan memiliki pemain hebat dalam diri Romelu Lukaku serta Eden Hazard. Saya pikir mereka bisa juara Piala Dunia untuk pertama kali sepanjang sejarah mereka,” ucap Ricken.