Teknologi Baru Warnai Piala Dunia 2018

Hublot, perusahaan jam tangan ternama Swiss telah menjalin kerja sama dengan FIFA, merilis jam tangan pintar dalam gelaran Piala Dunia 2018. Jam itu disebut bakal membantu kinerja wasit di atas lapangan.

Nantinya jam tangan pintar tersebut bakal langsung ke teknologi Video Assistant Referee (VAR). Guna dari alat ini adalah membantu wasit lebih cepat dalam mengambil keputusan.

Smartwatch ini bernama bernama ‘Big Bang Referee’ dan hanya khusus diproduksi untuk Piala Dunia 2018. ‘Big Bang Referee’ didesain atas permintaan langsung pihak FIFA.

“FIFA mengontak kami karena mau membuat jam tangan khusus untuk wasit. Mereka meminta kepada kami agar membuatkan jam khusus demi membantu wasit saat pertandingan,” tulis pernyataan resmi Hublot.

“Jam tangan yang dikhususkan untuk wasit tersebut bakal terkoneksi ke teknologi garis gawang, VAR, dan menentukan apakah bola sudah meninggalkan area permainan atau belum,” lanjut pernyataan tersebut.

Jam tangan pintar ini diklaim adalah jalan keluar untuk mengurangi kontroversi VAR pada Piala Dunia 2018 nanti. Hal tersebut diakibatkan teknologi tersebut seringkali menuai kritik sepanjang musim 2017-2018.