Kelelahan Bayangi Timnas Inggris Di Piala Dunia 2018

Tim nasional Inggris menyambut Piala Dunia 2018 dengan kepercayaan diri tinggi. Fabio Capello mengatakan, faktor fisik dan juga kelelahan bakal jadi penghalang besar untuk mereka.

Capello sempat melatih The Three Lions di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kala itu Tim Tiga Singa harus terlempar dari 16 besar akibat tunduk 1-4 dari Jerman.

Walau demikian situasi yang adadi tubuh Inggris sekarang cukup berbeda. Menghadapi ketatnya persaingan Piala Dunia 2018 mereka diperkuat sebagian besar pesepakbola muda dan memiliki permainan yang lebih kolektif. Tidak lagi diisi para senior era terdahulu.

Anak asuh Gareth Southgate melalui fase kualifikasi dengan luar biasa. Mereka mengakhiri pertarungan sebagai tim teratas klasemen Grup F dan belum pernah kalah (8 menang D2).

Namun terlepas dari hal tersebut Capello memperkirakan Inggris takkan berlari mulus. Bakal ada satu hal yang menghambat impian mereka meraih gelar internasional pertama sejak 1966.

“Untuk Piala Dunia kali ini, Inggris punya sederet pemain mudap potensial dan memiliki pengetahuan yang hebat,” ungkapnya kepada FIFA.com.

“Pemain-pemain muda ini bisa saja tidak memikirkan tekanan, sehingga mereka tampil tanpa tensi yang terlalu tinggi. Permasalahan utama dalam pandangan saya ialah kelelahan fisik. Bisa saja mereka melawan tim-tim yang tidak terlalu lelah di ajang tersebut,” lanjut pelatih asal Italia tersebut.

Penyebab dari kelelahan pemain Inggris salah satunya dikarenakan Premier League masih belum menerapkan winter break. Pada periode Natal dan tahun baru, klub-klub Inggris justru mendapt jadwal bermain lebih padat.

“Kane merupakan penyerang top dan amat penting untuk tim, semua tim menginginkan dia berada di dalam skuatnya. Di atas itu, ia memiliki insting mematikan di mulut gawang,” puji dia.