Filosofi Indah Barca Mulai Menghilang

barcelonaEks penyerang Barcelona, Jeffren Suarez, melihat klub tak lagi punya komitmen penuh mengorbitkan pemain muda dalam skala besar seperti beberapa tahun lalu.

Jeffren sendiri adalah didikan akademi Barca dan melakoni partai debut di skuat inti tahun 2006 lalu saat menginjak usia 18 tahun.

Pesepakbola Venezuela itu memperkuat raksasa Katalan sampai tahun 2011, sebelum akhirnya bergabung dengan Sporting Lisbon. Dan kini, di usianya yang telah menginjak 29 tahun, Jeffren menikmati momen kebersaamaan dengan tim Swiss, Grasshoppers.

“Kita tahu bila meninggalkan Barcelona memberi perubahan yang luar biasa. Anda seperti dihadapkan kepada dunia nyata. Mulanya memang sulit. Barcelona merupakan klub besar dan tim lainnya juga oke, namun mereka tidak akan perna menjadi Barcelona,” tutur Suarez di Goal International.

Selama ini Los Cules terkenal selalu mengeluarkan bibit-bibit muda potensial ke tim utama melalui sistem pendidikan di La Masia, tapi Jeffren melihat filosofi tersebut mulai hilang.

“Akhir-akhir ini filosofi itu kian pudar. Saya pikir sebagian besar tim memutuskan membeli pemain dari luar dan Barcelona pun melakukan hal serupa,” lanjutnya.

“Itu sungguh disayangkan karena yang kita tahu Barcelona selalu memanggil pemain dari akademi dan saya rasa itulah kenapa ada pemain yang memutuskan untuk melanjutkan karirnya di tempat lain. Klub lebih gembira memakai pemain luar saat ini.”

“Mereka kira untuk bisa menyamai level para rival, mereka harus mendatangkan pemain dari luar. Tetapi saya rasa itu tak perlu. Memakai pemain akademi akan lebih baik.”