Andrea Pirlo Resmi Pensiun

andrea pirloTuntas sudah sepak terjang Andrea Pirlo sebagai pemain sepakbola profesional. Pirlo resmi pensiun usai melakoni laga terakhir bersama New York City FC.

Pirlo masuk dari bangku cadangan ketika New York City FC menghantam Columbus Crew dua gol tanpa balas pada Minggu (5/11/2017). Namun sayang hasil itu belum cukup membawa New York City FC lolos ke babak final Wilayah Timur dalam babak play-off MLS lantaran kalah selirih agregat 3-4.

Berakhirnya laju New York City FC di play-off MLS pun menandai ditutupnya karier Pirlo. Pemain kelahiran Italia 38 tahun lalu itu sebelumnya memang sudah mengumumkan niatnya untuk gantung sepatu setelah kompetisi MLS berakhir tahun ini.

“Laga pamungkas di MLS. Karena waktu saya di NYFC telah berakhir, saya mau mengucapkan beberapa kata,” tulis Pirlo dalam pernyataannya di akun Twitter-nya.

“Terima kasih kepada semua pihak atas kebaikan dan dukungan yang mereka perlihatkan di kota yang sangat istimewa ini. Saya ingin berterima kasih kepada suporter yang luar biasa, terima kasih kepada para staf pelatih dan juga semuanya yang berada di balik layar, rekan-rekan juga terima kasih.”

Pirlo sendiri memulai kiprahnya di dunia lapangan hijau bersama Brescia, melakoni debut profesionalnya pada tahun 1995. Ia merupakan salah satu gelandang terbaik di generasinya dan pernah membela beberapa klub top macam Inter Milan, Reggina, AC Milan, dan Juventus sebelum hijrah ke New York City pada 2015.

Total sang eksekutor bola mati ini menjuarai enam titel scudetto dan dua Liga Champions dalam kariernya. Ia juga punya andil dalam kesuksesan tim nasional Italia memenangi Piala Dunia 2006 di Jerman.