Harga Pemain Kian Menggila, Rp 15 Trliun Akan Terasa Biasa Saja

neymarManajer Borussia Dortmund, Peter Bosz, merasa jika pasar transfer bakal kian menggila di masa mendatang. Banderol Rp 15 triliun pun akan terasa biasa-biasa saja.

Pada jendela transfer musim panas kemarin dinilai sebagai titik awal menggilanya harga pemain. Walau Real Madrid sempat mematahkan rekor pesepakbola termahal dua kali untuk Cristiano Ronaldo atau Gareth Bale, termasuk juga ketika Manchester United merekrut Paul Pogba.

Akan tetapi selama musim panas lalu, sejumlah rekor transfer patah baik di level interen klub maupun secara global. Itu bermula ketika Paris Saint-Germain berani membayar klausul pelepasan Neymar dari Barcelona senilai 222 juta euro atau setara Rp 3,7 T.

Kepindahan Neymar kemudian berdampak pada pemain-pemain lain. Sebut saja Ousmane Dembele yang setelah itu direkrut Los Cules seharga 105 juta euro atau bahkan Los Cules sempat melayangkan proposal untuk gelandang Liverpool Philippe Coutinho lebih dari 100 juta euro.

Bursa transfer lantas ditutup oleh perekrutan Les Parisiens untuk Kylian Mbappe dari AS Monaco dengan memakan biaya 180 juta euro yang baru dibayarkan tahun depan. Tidak pernah sekalipun bursa transfer segila ini terjadi sepanjang sejarah sepakbola dunia.

Namun fakta itu diyakini cuma sebuah awal karena ke depannya, banderol-banderol pemain bakal merangkak dan bahkan menyentuh angka 1 miliar euro atau setara Rp 15 triliun.

“Saya pikir kita akan segera melihat di masa mendatang ada satu pemain yang dibeli dengan harga total 1 miliar euro,” ujar Bosz seperti dikutip Soccerway.