Hajar Bulgaria, Belanda Jaga Peluang Lolos Putaran Final

belanda vs bulgariaSetelah dihantam Prancis, Belanda perlahan bangkit dan menggasak Bulgaria 3-1 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. De Oranje pun menjaga kans meraih satu tiket ke putaran final.

Tampil melawan Bulgaria di Amsterdam ArenA, Minggu (3/9/2017), Belanda menang melalui sepasang gol Davy Proepper di menit ketujuh dan ke-80 serta gol Arjen Robben pada menit ke-67. Sementara tim tamu membuat gol balasan lewat Georgi Kostadinov.

Berkat kemenangan ini Belanda merangkak ke posisisi tiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi 13 poin dari delapan laga. Mereka berada di belakang Swedia dan Prancis yang masing-masing mengumpulkan 16 angka. Akan tetapi Prancis baru tampil tujuh kali.

Pada kualifikasi Zona Eropa kali ini cuma juara grup lah yang berhak lolos langsung ke putaran final, sedangkan peringkat dua klub sementara runner-up grup melalui jalur play-off.

Proepper membuka kran gol Belanda ketika pertandingan baru berlangsung tujuh menit. Dia berhasil melepaskan diri dari kawalan bek Bulgaria dan menyontek umpan silamg Daley Blind dari jarak dekat.

Robben membuat timnya unggul 2-0 melalui golnya pada menit ke-67. Blind kembali menyodorkan assis usai umpan silang diselesaikan secara maksimal.

Selang dua menit, tim tamu mengikis ketertinggalan. Kostadinov memanfaatkan free kick Ivelin Popov untuk menceploskan si kulit bundar ke kala Jasper Cillessen.

Namun Proepper kembali mencatatkan namanya di papan skor 10 menit jelang waktu normal berakhir. Dia berdiri bebas di mulut gawang dan dengan bebas menanduk bola guna mengantarkan timnya unggul 3-1. Keududukan itu tak berubah sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Belanda: Cillessen; Tete, De Vrij, Hoedt, Blind; Wijnaldum, Vilhena; Propper (Van Ginkel 86′); Robben, Janssen, Promes

Bulgaria: Iliev; S. Popov, Bozhikov, Terziev, Zanev; Zehirov (Milanov 46′), Chochev, Tsvetkov (Slavchev 24′), Manolev (Galabinov 60′); Kostadinov, I. Popov