Juventus Boyong Matuidi Terlalu Mahal

blaise matuidiUsai gagal angkat kaki di jendela transfer musim panas 2016 lalu, pada akhirnya Juventus berhasil merealisasikan salah satu transfer idamannya, Blaise Matuidi, tepat semusim kemudian. Dirinya datang dari Paris Saint-Germain dengan banderol sebesar 20 juta euro ditambah bonus, tergantung pada performanya di musim 2017/18 ini.

Juve amat ngotot memboyong Matudi karena diyakini itu adalah permintaan khusus dari sang manajer, Massimiliano Allegri. Pemain didikan akademi Troyes tersebut punya karakter, kualitas, dan pengalaman yang sangat dibutuhkan tim.

Dengan formasi adalan 4-2-3-1, Juve membutuhkan seorang gelandang box to box. Tapi sayang sejak ditinggal Arturo Vidal, Si Nyonya Tua belum mendapat pengganti.

Memang benar musim lalu posisi tersebut yang menjadi masalah walau secara samar-samar penampakannya. Miralem Pjanic dan Sami Khedira yang jadi langganan di area itu tampil oke, akan tetapi karakter mereka yang kurang garang membuat Bianconeri cuma bertumpu pada lini belakang untuk merebut bola dari penguasaan lawan.

Dengan profilnya saat ini, Matuidi tentu merupakan jalan keluar untuk menuntaskan problem itu. Dia gelandang yang lihai dalam merebut bola dari lawan. Disamping pitu dirinya punya skill olah bola yang oke dan juga kemampuan menjebol gawang lawan.

Matuidi dianggap pantas untuk menempati dua slot gelandang dalam skema terapan Juve, entah itu berduet dengan Pjanic yang berperan mengalirkan bola atau Khedira yang diplot menyisir sisi lapangan.

Disamping itu karier sepakbola Matuidi juga cemerlang. Tak hanya rutim menyumbang trofi Ligue 1 Prancis dan tampil di Liga Champions bersama PSG, pemain berjuluk Marathon Man ini merupakan andalan Timnas Prancis. Dia pernah mentas di Piala Eropa maupun Piala Dunia sehingga Juventus tak ragu melihat mental bermainnya.

Kendati memiliki atribut yang berkilau, harus diakui Juve tak memboyong Matuidi dengan cara cerdas yang biasa mereka perbuat. Apalagi jika bukan faktor uang yang kelewat tinggi melihat usia, peforma terkini, dan situasi kontraknya.