Gilas Sporting Gijon, Barca Puncaki Klasemen La Liga

Barcelona sukes menaklukkan Sporting Gijon di Camp Nou dalam lanjutan La Liga 2016/2017. Tampil dominan sepanjang pertandingan, Los Cules memaksa tamunya pulang dengan kepala tertunduk usai meraih kemenangan telak 6 – 1.

Pada pertandingan di Camp Nou, Kamis (2 Maret 2017) dinihari WIB, Barca langsung menekan tamnya sejak awal. Barca hanya perlu waktu kurang dari sembilan menit untuk mencetak gol melalui Lionel Messi. Gol ini juga berkat kepintaran Javier Mascherano, yang mengirimkan umpan lambung untuk membobol pertahanan Sporting.

Hanya berselang dua menit setelah gol pertamanya, Los Cules memperbesar keunggulan mereka menjadi 2 – 0 berkat gol bunuh dari Juan Rodriguez.

Sporting sempat memperkecil ketinggalan mereka melalui gol Carlos Castro pada menit ke-21. Namun, Barca kembali menjauh setelah Suarez mencetak gol pada menit ke-27. Suarez yang mendapatkan bola liar di kotak penalti langung diteruskannya dengan tembakan voli yang merobek gawang Sporting. Barca unggul 3 – 1 saat jeda babak pertama.

Memasuki babak kedua, Barca mengisitirahatkan Suarez dan menggantikannya dengan Paco Alcacer. Tidak butuh waktu lama, Alcacer langsung unjuk gigi dengan mencetak gol ketiga Barca ke-49, disusul oleh Neymar pada menit ke-65 dan Ivan Rakitic pada menit ke-87.

Berkat kemenangan mereka kali ini, Los Cules sukses merebut tahta klasemen sementara La Liga dari tangan Real Madrid. Mereka sukses memperoleh 57 poin dari 25 pertandingan, unggul satu poin atas Real Madrid yang hanya meraih hasil imbang saat melawan Las Palmas, sementara Sporting Gijon terpuruk di posisi ke-18 dengan 17 poin.