Persaingan Jauhi Zona Degradasi Premier League Sudah Sangat Ketat

Persaingan papan bawah Premier League, untuk menjauh dari zona degradasi, sudah sangat sengit. Semakin menarik karena sang juara bertahan, Leicester City masuk dalam tim yang juga menghindari zona merah.

Sudah 24 pertandingan Premier League 2016/2017 bergulir. Artinya masih ada 14 pertandingan lagi sampai dengan musim ini berakhir.

Walaupun perjalanan masih lumayan panjang, pada awal Februari ini persaingan papan bawah sudah terlihat sangat ketat. Bahkan enam tim terbawah, termasuk tiga tim yang ada di zona degradasi, hanya terpaut dua angka saja.

“Ini merupakan kali kedua dalam sejarah Premier League persaingan untuk menjauh dari zona degradasi sudah sangat sengit seperti ini setelah pertandingan-pertandingan awal tahun,” tulis laporan dalam BBC.com.

Saat ini Sunderland menjadi tim terbawah dengan perolehan 19 poin, dengan Crystal Palace berada di posisi 19 dengan poin sama hanya karena keunggulan selisih gol. Kedua tim terpaut satu angka dari Hull City yang duduk di peringkat 18.

Ketiga tim di zona merah tersebut tidak berada jauh dari tiga tim di atasnya, Swansea City, Leicester City, dan Middlesbrough, yang kesemuanya mengumpulkan 21 poin. Maka tim-tim dari posisi 15 sampai 20 cuma terpisahkan oleh dua poin.

Dari keenam tim tersebut, diketahui hanya Hull City dan Sunderland yang akhir pekan lalu meraih kemenangan: Hull menang 2 – 0 atas Liverpool, sementara Sunderland menggilas Crystal Palace dengan skor telak 4 – 0.