Southgate Tak Ingin Mainkan Rooney Sebagai Gelandang

Manajer sementara tim nasional Inggris, Gareth Southgate mengatakan jika Wayne Rooney harus bisa menunjukkan kedisiplinannya sebagai penyerang Inggris. Southgate memanggil Rooney sebagai satu dari empat penyerang The Three Lions dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Timnas Inggris akan berhadapan dengan kesebelasan Malta pada Sabtu, 8 Oktober 2016 di Wembley Stadium, London. Empat hari berselang, Rooney dan rekan-reknnya berkunjung ke kandang Slovenia dalam kompetisi yang sama.

Penyerang berusia 30 tahun tersebut berjuang menemukan performa terbaiknya dalam semusim terakhir ini. Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal beberapa waktu silam mencoba mengganti perannya sebagai gelandang, sama seperti yang dilakukan Roy Hodgson, mantan manajer Inggris.

Berlanjut pada musim ini, tidak hanya dimainkan sebagai gelandang, di bawah arahan manajer baru MU Jose Mourinho, Rooney kesulitan menembus squad utama The Red Devils. Kenyataan ini membuat Southgate bersimpati dan tidak ingin ikut-ikutan mencoba kemampuan Rooney di lini tengah.

“Bukannya saya ingin melawan Jose Mourinho, tapi saya rasa Wayne bisa bermain di beberapa posisi berbeda. Satu hal yang ingin saya katakan adalah saya kembalikan satu dari banyak hal yang kami lakukan dengan tim ini,” ujar Southgate seperti yang dikutip Soccerway.

Selain Rooney, Southgate juga memanggil tiga penyerang lain seperti: Marcus Rashford, Daniel Sturridge, dan Jamie Vardy. Southgate mengatakan jika di luar atau dalam posisi sebenarnya, disiplin dalam taktik ketika sedang bermain adalah faktor paling penting.