Portugal Ikat Santos Hingga Piala Eropa 2020

Fernando Santos mendapatkan hadiah berupa kontrak baru dari Federasi Sepakbola Portugal menyusul keberhasilannya mengantarkan tim nasional Portugal meraih juara Piala Eropa 2016. Kontrak baru untuk Santos berlaku sampai tahun 2020.

Santos membuat kejutan di Piala Eropa lalu ketika Portugal sama sekali tidak diunggulkan sebagai salah satu kandidat juara. Lolos ke fase gugur tanpa sekalipun meraih menang dan meraih tiga hasil imbang, Portugal semakin diragukan bisa meraih kesuksesan di turnamen ini.

Namun, Portugal mematahkan segala keraguan-keraguan yang dialamatkan kepada mereka. Hanya sekali menang di waktu normal yakni saat mengalahkan Wales 2 – 0 di babak semifinal, Seleccao das Quinas melaju hingga final dan akhirnya menang 1 – 0 atas tim tuan rumah Prancis berkat gol tunggal dari Eder di babak kedua perpanjangan waktu.

Portugal pun berhasil membawa pulang trofi mayor pertama dalam sejarahnya. Dua minggu setelah keberhasilan timnas Portugal jadi juara, Santos mendapat hadiah dari federasi sepakbola negaranya tersebut. Santos mendapat kontrak baru untuk jangka waktu empat tahun ke depan atau hingga bergulirnya Piala Eropa 2020.

“Kontrak baru antara Federasi Sepakbola Portugal dengan Fernando Santos akan berakhir setelah Piala Eropa 2020, bersamaan juga dengan berakhirnya amanat dari Presiden Federasi Sepakbola Portugal saat ini,” demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Portugal.

Santos ditunjuk sebagai pelatih Portugal untuk menggantikan Paulo Bento pada 23 September 2014 menyusul sejumlah hasil buruk di sesi kualifikasi, termasuk kekalahan 0 – 1 dari kesebelasan Albania.

Portugal kemudian diantarkannya lolos ke putaran final Piala Eropa dengan status sebagai juara grup. Selama membesut Seleccao das Quinas, Santos meraih 16 kemenangan, empat seri, dan menelan enam kekalahan dari hasil 26 pertandingan.