UEFA Rilis 10 Nama Kandidat Pemain Terbaik Eropa

UEFA telah merilis secara resmi 10 pemain yang akan bersaing memperebutkan posisi Pemain Terbaik Eropa 2015-2016. Nama-nama pemain sepakbola unggulan seperti Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Cristiano Ronaldo berada dalam daftar tersebut.

Secara keseluruhan, awalnya ada 37 pemain yang masuk sebagai kandidat. Daftar tersebut kemudian dipersempit lagi menjadi hanya 10 nama saja.

Daftar tersebut diperoleh dari pilihan jurnalis yang berasal dari 55 anggota asosiasi UEFA yang memilih lima pemain terbaik pilihan mereka: mekanismenya adalah posisi pertama memperoleh lima poin, posisi kedua memperoleh empat poin, kemudian seterusnya.

Dari daftar 10 nama tersebut, rencananya akan dipersempit lagi menjadi 3 finalis pada 5 Agustus 2016 mendatang. Pemenang kemudian akan diumumkan di Monaco pada 25 Agustus.

Ronaldo sendiri menjadi pemain yang paling diunggulkan untuk meraih penghargaan ini. Penyerang yang kini berusia 31 tahun tersebut berhasil memenangkan dua trofi terbesar yakni Liga Champions bersama Real Madrid dan Piala Eropa 2016 bersama tim nasional Portugal.

Sementara Messi berhasil mengantarkan timnya, Barcelona juara La Liga dan Copa del Rey, dan membawa tim nasional Argentina jadi runner up Copa America Centenario 2016. Adapun Griezmann sukses membawa Atletico Madrid ke final Liga Champions dan membawa Prancis jadi runner up Piala Eropa 2016. Selain itu dia juga menjadi top skorer Piala Eropa.

Berikut 10 kandidat Pemain Terbaik Eropa:
Gareth Bale (Real Madrid & Wales)
Gianluigi Buffon (Juventus & Italia)
Antoine Griezmann (Atlético Madrid & Prancis)
Toni Kroos (Real Madrid & Jerman)
Lionel Messi (Barcelona & Argentina)
Thomas Müller (Bayern Munich & Jerman)
Manuel Neuer (Bayern Munich & Jerman)
Pepe (Real Madrid & Portugal)
Cristiano Ronaldo (Real Madrid & Portugal)
Luis Suárez (Barcelona & Uruguay)