Borussia Dortmund Akan Tetap Berbahaya Di Musim Depan

Borussia Dortmund ditinggalkan oleh tiga pemain pilarnya pada bursa transfer musim panas ini. Kapten dari tim rival utamanya Bayern Muenchen, Philipp Lahm menilai jika Borussia Dortmund akan tetap hebat di musim 2016/2017 walau sudah tidak diperkuat oleh beberapa pemain pentingnya.

Kapten Die Borussen, Mats Hummels kembali ke mantan klubnya, Bayern Muenchen. Hengkangnya pemain bertahan Jerman tersebut kemudian disusul oleh Ilkay Guendogan yang merapat ke Manchester City, dan yang terakhir angkat kaki dari Signal Iduna Park adalah Henrikh Mkhitaryan yang bergabung bersama Manchester United.

Striker andalannya, Pierre-Emerick Aubameyang sendiri masih berpeluang pergi di masa depan, setelah terang-terangan mengungkapkan keinginannya untuk mencicipi kompetisi sepakvola Spanyol. Akan tetapi, Dortmund sudah mengantisipasi kepergian pemain-pemainnya itu dengan mendatangkan beberapa pemain muda seperti Ousmane Dembele, Emre Mor, Raphael Guerreiro, dan Mario Goetze juga tengah gencar dikabarkan akan pulang ke Signal Iduna Park.

Hengkangnya pemain-pemain Borussia Dortmund sudah terjadi sejak beberapa musim belakangan. Beberapa musim sebelumnya, Die Borussen sudah lebih dulu ditinggalkan oleh Mario Goetze dan Robert Lewandowski yang menyeberang ke klub rival. Namun, toh hanya sekali mereka gagal menyaingi Bayern Muenchen yakni ketika finis ketujuh di 2014/2015.

“Tunggu saja apa yang akan terjadi. Tapi aku rasa pemain-pemain baru yang datang ke Borussia Dortmund akan mempunyai peran penting disana. Thomas Tuchel adalah seorang pelatih yang hebat dan dia akan mampu mengatasi masalah kepergian para pemainnya,” kata Lahm saat berkomentar soal situasi di Borussia Dortmund.

“Borussia Dortmund masih menjadi sebuah tim yang tangguh, terlepas dari soal apakah mereka akan membeli atau menjual pemain lagi di musim panas ini,” tutup Lahm.