Hodgson Umumkan Mundur Dari Timnas Inggris

Manajer tim nasional Inggris, Roy Hodgson mengumumkan mundur sebagai pelatih Inggris. Hal itu adalah buntut dari kegagalan Inggris di Piala Eropa 2016 setelah disingkirkan tim debutan, Islandia.

The Three Lions kalah dengan skor tipis 1 – 2 dari Islandia dalam pertandingan 16 besar yang diselenggarkan di Allianz Riviera, Selasa 28 Juni 2016 dinihari WIB. Hal yang memalukan dari kekalahan The Three Lions kali ini adalah, Islandia baru kali ini tampil di turnamen internasional dan hanya memiliki populasi sekitar 300 ribu jiwa.

Dalam pernyataan yang diungkapkan Hodgson, mantan pelatih Liverpool ini juga mengumumkan bahwa staf pelatih Ray Lewington dan Gary Neville juga akan pergi.

“Saya merasa sangat kecewa dengan hasil malam ini dan terutama kegagalan kami dalam kompetisi ini. Kami tidak bisa melangkah sesuai harapan kami dan hal ini jelas tidak bisa diterima. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama ini,” kata Hodgson.

“Sebenarnya saya masih ingin bertahan setidaknnya untuk dua tahun mendatang, tapi sekarang saya pikir ini adalah waktunya untuk menyerahkan posisi ini kepada orang lain. Terima kasih kepada rekan media selama ini, dan saya minta maaf untuk kegagalan ini,” lanjut Hodgson.

Kekalahan dari tim debutan seperti Islandia dinilai sebagai kekalahan paling memalukan dalam sejarah The Three Lions. Selain itu kegagalan ini memperpanjang rekor buruk Hodgson dalam turnamen besar sejak menggantikan Fabio Capello pada Mei 2012.

Hodgson hanya berhasil meraih tiga kemenangan dalam 11 pertandingan kala membesut timnas Inggris di Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016. Tersingkirnya The Three Lions dalam fase grup Piala Dunia yang lalu adalah yang pertama sejak 1958.