Usaha Arsenal Kejar Leicester Jadi Semakin Berat

Usaha Arsenal untuk mengejar ketinggalan dari Leicester City dirasa semakin berat. Kekalahan yang mereka alami atas Manchester United membuat The Gunners kehilangan tiga poin penting dalam usahanya mengejar dua kandidat juara Liga Premier Inggris di musim ini, Leicester City dan Tottenham Hotspur.

Ditekuk oleh tim tuan rumah dengan skor 2 – 3 di Old Trafford hari Minggu malam 28 Februari 2016 membuat poin The Gunners tetap di angka 51 dengan sisa 11 pertandingan. Sebenarnya masih banyak poin yang bisa diraih, namun pada saat-saat seperti ini, setiap poin amat berharga.

Leicester City sendiri masih nyaman berada di puncak klasemen dengan perolehan 56 poin. Dalam sejarah klub tersebut, inilah poin tertinggi yang pernah diraih oleh The Foxes dalam perjalanan mereka di kasta sepakbola tertinggi di Inggris, dan mereka masih berpeluang untuk menambahnya sampai akhir musim.

Tottenham Hotspur masih menempel ketat di peringkat kedua dengan selisih dua angka dibawah Leicester City, dan unggul tiga angka atas Arsenal. Mereka mempertahankan posisinya itu usai menekuk Swansea 2 – 1 tadi malam, walaupun awalnya kebobolan lebih dulu.

Menurut catatan yang ditulis oleh Opta, sudah lima kali Tottenham memenangkan pertandungan setelah sebelumnya kebobolan lebih dulu. Padahal, sejauh musim ini berjalan tak ada tim lain yang bisa melakukannya lebih dari dua kali.

Secara matematis, setiap tim masih memiliki kesempatan untuk meraih poin maksimal 33 poin dari 11 laga tersisa, Manchester United pun yang berada di luar zona empat besar juga masih memiliki peluang.

Namun, secara psiokologis, yang lebih berpeluang tentu adalah tim-tim yang berada di posisi lebih tinggi dari rivalnya, kali ini adalah Leicester City dan Tottenham Hotspur, yang perolehan poinnya masih berada di atas Arsenal, Manchester City, serta Manchester United.