Suka Duka Iniesta Jadi Kapten Barca

Mulai kompetisi musim ini, Andres Iniesta memiliki peranan baru di Barcelona. Ban kapten yang melingkar di lengannya menunjukkan tanggung jawab yang harus diemban oleh Iniesta menjadi semakin besar.

Usai kepergian Xavi Hernadez pada akhir musim lalu, Iniesta otomatis menjadi kapten pertama Barca. Wajar saja karena dia merupakan pemain yang paling senior di tim tersebut, setelah Lionel Messi yang saat ini memegang jabatan sebagai wakil kapten.

Jabatan tersebut sebenarnya bukan hal yang baru untuk Iniesta karena pada musim-musim sebelumnya, pemain berkebangsaan Spanyol ini juga beberapa kali menjabat sebagai kapten ketika Carles Puyol atau Xavi sedang absen.

Meskipun baru menjalani tahun pertamanya sebagai seorang kapten, Iniesta bisa dibilang sukses dalam memimpin timnya melaju. Di La Liga, mereka masih duduk di puncak klasemen, lalu baru saja lolos ke babak final Copa del Rey, dan babak 16 besar Liga Champions.

Barca juga saat ini sedang menjalani periode tak terkalahkan dalam 29 laga terakhirnya dalam semua ajang kompetitif, yang merupakan rekor terbaru bagi klub asal Catalan tersebut.

“Ada beberapa tanggung jawabku yang saat ini berubah, banyak hal yang harus dilakukan bersama tim saat di dalam dan juga di luar lapangan, namun aku tetaplah aku, sama sekali tidak ada yang berubah,” ungkap Iniesta.

“Menyenangkan rasanya bisa dipercaya untuk memegang tanggung jawab ini. Aku sudah menghabiskan hampir seluruh hidupku bersama Barcelona dan sangat menyenangkan rasanya bisa menjadi kapten tim,”.

Pemain berusia 31 tahun itu sudah bermain dalam 575 pertandingan dalam seluruh kompetisi sejak debutnya di tahun 2002 dan telah mencetak sebanyak 54 gol.