Sergi Roberto, Si Pemain Serba Bisa

Barcelona tampaknya tidak akan lagi khawatir jika salah satu pemain andalannya cedera dan pelapisnya tidak mendapatkan kesempatan bermain dari sang pelatih, Luis Enrique. Sekarang Blaugrana sudah punya pelapis yang bisa bermain pada segala posisi, yakni Sergi Roberto.

Lulusan dari akademi La Masia tersebut memang menjadi andalan Enrique untuk urusan pelapis ketika beberapa pemain andalan sedang tidak bisa bermain. Hingga saat ini, Roberto tercatat sudah bermain dalam tujuh posisi berbeda bersama Barcelona.

Posisi asli dari pemain 23 tahun tersebut sebenarnya adalah seorang gelandang kanan tengah. Namun kemampuannya bermain di banyak posisi memberinya pengalaman untuk bermain di posisi bek kiri, bek kanan, winger kiri, winger kanan, gelandang bertahan, gelandang tengah kanan serta gelandang tengah kiri.

Tampil dengan menempati posisi berbeda-beda tidak membuat penampilan Sergi Roberto menurun. Salah satu penampilan gemilang yang ia tampilkan adalah saat tak bermain di posisi terbaiknya adalah saat tampil sebagai sayap kanan di El Clasico kontra Real Madrid, di mana ia memberikan satu assist dalam kemenangan telak empat gol tanpa balas itu.

Dan dalam pertandingan melawan Athletic Bilbao di San Mames, Kamis 21 Januari 2015 dini hari tadi, di mana Barcelona menang dengan skor 2-1, Sergi Roberto menunjukkan lagi jika dia tak canggung bermain di posisi barunya, bek kiri menggantikan Jordi Alba dan Jeremy Mathieu yang cedera.

Hasilnya, Roberto berperan besar atas gol kedua Barcelona yang diciptakan oleh Neymar. Barcelona pun menatap laga leg kedua babak perempat final Copa del Rey dengan positif.